10 Nominasi Festival Film Pendek
Pemuda Kreatif Indonesia 2016

Jakarta,-

Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016 adalah sebuah ajang yang perlu diadakan dalam upaya memberikan apresiasi kepada pemuda yang berprestasi dan berbakat dalam bidang perfilman, Hal ini dipandang penting oleh  Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, khususnya Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda.

Di ruang Theater Kemenpora (25-10-2016) Dr.Ir.Eny Budy Sri Haryani,Msi Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda menjelaskan,  “minat anak muda dibidang film ini cukup banyak dan menarik sekali dan ini adalah  sesuatu yang positif untuk bagaimana mengarahkan pemuda ini memiliki karya kreatif, dimana sekarang ini banyak isu dan image kurang bagus tentang pemuda itu yang ditonjolkan padahal banyak pemuda- pemuda hebat di bidang lain, contoh dalam menghasilkan karya di bidang kreatif film, musik, kuliner, grafika, kriya, IT, dan aplikasi.Kali ini ada khusus perfilman dan ini pertama kalinya Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016 di selenggarakan dan sesuai arahan Bapak Menteri Pemuda dan Olah Raga festival ini setiap tahun akan di selenggarakan, mudah-mudahan tahun demi tahun akan makin besar  dan juga rencananya hasil karya dari yang terbaik-baik ini akan kita coba ikut sertakan di festival internasional”.

“Film Pendek diharapkan akan memuat berbagai keanekaragaman seni dan budaya di Indonesia, yang dinilai perlu perhatian lebih khusus. Ajang film memiliki pengertian paling simple dan paling kompleks yang memiliki durasi tayang tidak lebih dari 60 menit. Kegiatan yang positif ini harus mendapat dukungan dan arahan dari pemerintah dan khususnya KEMENPORA.  Untuk rencana kedepan pemerintah merencanakan tahun depan akan dilakukan perwilayah tidak hanya di Jakarta”, ujar Eny menambahkan.

Pada 17 Agustus 2016, dibuka pendaftaran melalui mekanisme online. Peserta mendapatkan formulir dan informasi lengkap melalui facebook FFPPKI, baik kriteria tekhnis maupun tema. FFPPKI tahun ini mengambil tema: “Pemuda Kreatif Indonesia Menjawab Tantangan Global”.

Pendaftaran film dibuka pada I7 Agustus 2016 sampai 20 Oktober 2016. Genre Film yang dilombakan adalah Fiksi dengan durasi 5 15 menit. Peserta adalah “pemuda” dengan batas usia 16-30 tahun. Film dibuat dengan teknologi digital, peralatan bebas, adapun basil akhir disarankan dengan format  Mpeg 4 (MP4). Peserta yang telah mendownload formulir melalui   FB FFPPKI akan mengupload karya melalui youtube, lalu mengirimkan link youtube tersebut melalui email panitiafestivalfilmpemudaindonesia@gmail.com .Setiap karya yang terdaftar akan mendapatkan konfirmasi dari panitia dan jumlah peserta yang terdaftar dan memenuhi persyaratan administrasi sebanyak 117 (scratus tujuh belas) film dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia Tekhnis Kurasi.

Proses kurasi dilaksanakan di Menteng Square, Jl. Matraman Raya 30 E, Jakarta. Team seleksi awal adalah M. Fazrie Permana, S. Sn. (Ketua Tim Kurasi) Syamsul Ma`arif , M.Sn. (Anggota) Ony Wahyu Pahlevi, S.Sn. (Anggota) Dari proses kurasi team seleksi memutuskan nominasi 10 besar yaitu 1 hingga 10.

Sepuluh karya terbaik di nilai oleh juri utama pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2016 pada pukul 11.00 – 13.00 WIB. Berikut 10 Besar Film Nominasi yang Lolos:

1.    I Love  Me karya Riska Talitha dari Jakarta
2.    Indigo Karya Fajar Arrachman dari Jakarta
3.    Ini Tanah Kami Karya Hang Kafrawi dari Pekanbaru
4.    Kesusu Karya Wahyu Okta Nahendra dari Yogyakarta
5.    Layang Layang Waktu Karya Rifa’I Setya Aji Perdana dari Yogyakarta
6.    Narasi Sesepuh Karya Nehemia Pareang dari Jakarta
7.    Pelipur Lara Karya Jehan Fransisca dari Purwakarta
8.    Pos Kamling Karya Bagus Sabda Nur Huda dari Malang
9.    Setetes Koin Karya Rizki Karya dari Sidoarjo
10.    Unjukan Karya M. Alvin Rahmatullah dari Yogyakarta

Dewan juri akan memberikan 5 kategori pemenang dalam Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016, diantaranya : Best Movie, Best Inspiration, Best Director, Best Actor, Spesial Choice.

(yayo; foto tcs

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*