Film Athirah, Kisah Emma' yang Sabar dan Kuat

Sengkang,-

Pengambilan gambar adegan di Gedung Kesenian Societeit de Harmonie Makassar mengisahkan, malam itu, Athirah bersama Ucu—panggilan Jusuf Kalla saat kecil—datang ke pesta pernikahan koleganya. Lalu  terjadi pertemuan antara Athirah dengan suaminya, Puang Haji Kalla, yang datang bersama istri keduanya, Adewiyah.

Begitulah sepenggal adegan film berjudul Emma’ garapan Riri Riza.  Kini penggarapan film Emma’ tengah syuting  di Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, selama sebulan penuh sebelum ke Kota Parepare untuk syuting lanjutannya.

Film ini  diangkat dari biografi seorang Athirah, tentang bagaimana perjuangan seorang perempuan yang juga seorang ibu (Emma’).  Bagaimana  perempuan harus tegar dan menjadi kekuatan keluarganya.

Emma’ atau Athirah adalah sosok yang punya sesuatu yang baik dan penting untuk diceritakan.  Kisah realistis, dengan karakternya yang mengendalikan diri.

Cut Mini yang memerankan Athirah, mengaku harus memerankannya dengan penuh perasaan.  Lantaran dia harus menjadi sosok yang sabar seperti karakter tokoh utama.  Apalagi harus berdialog dengan bahasa Bugis. Dimana kekuatan  film ini adalah bahasanya. Bagaimana bisa mengeksplor bahasa-bahasa lokal dan menghadirkan pendekatan-pendekatan baru dalam bahasa.

Selain Cut Mini, ada Jajang C. Noer sebagai Hajja Kerra, ibunya Athirah. LaluArman Dewarti, seorang pegiat film di Makassar, sebagai  Puang Haji Kalla.  Sedangkan Yuli Tarebbang, presenter salah satu televisi lokal, sebagai Adewiyah.

20 persen tim film dari Makassar, termasuk asisten sutradara 2 dan 3  yakni Andi Burhamzah dan Aditya Ahmad. Dan 80 persen dari Jakarta, khususnya tim teknisnya.  Naskah skenario mencapai 70 halaman, dengan durasi film sekitar 100 menit. Tahun depan segera dirilis.  (ing/mdtj/ foto andi delsiah

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*