Kisah Heroik Tidjan dan Lasjkar Rakyat Bogor
Tayang di Bioskop

Jakarta,–

Sebagai sebuah negara yang dibangun dari perjuangan rakyatnya, Indonesia punya sejuta kisah kepahlawanan dalam mengusir penjajah. Salah satu cerita perjuangan membela bangsa dan negara itu, ternyata juga berasal dari seorang pahlawan dari Bogor bernama TIDJAN. Kisah heroik TIDJAN tergambar dalam film berjudul ‘Lasjkar Di Tapal Batas’ garapan rumah produksi Bidar Batavia Grup dan disutradarai Bayu Prayogo, resmi tayang di bioskop.

“Saya tertarik memproduksi film perjuangan yang menceritakan kisah Tidjan, pahlawan asal Bogor karena anak muda zaman sekarang harus tahu sejarah ini. Kisah Tidjan ini harus menjadi teladan bagi anak muda zaman sekarang yang sepertinya mulai luntur nasionalismenya,” ungkap Letsman Tendy, Executive Producer Bidar Batavia Grup.

Bagi sang sutradara, Bayu Prayogo, film ini dibuat dengan semangat indie yang didasari karena keprihatinannya terhadap film-film nasional yang temanya lebih banyak kepada ‘tontonan’ bukan ‘tuntunan’. Dari situlah, Bayu mengajak sejumlah rekan untuk membuat film yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan untuk ‘menebus’ kesalahan-kesalahan masa lalu para sineas Indonesia sebelumnya.

Saat berkunjung ke Bogor, kami bertemu kerabat yang bercerita tentang kisah pejuang kemerdekaan yang terlupakan dan baru diakui kepahlawanannya pada tahun 2007. Sosok Tidjan memang tidak sepopuler pahlawan lain. Padahal, pemuda asal Bogor ini punya andil cukup besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bisa dibilang, ini adalah film indie pertama yang dapat tayang di jaringan bioskop, lanjut Bayu.

Film ini diperankan Gorz Kurniawan selaku pemeran utama pria dan Tere Gunawan sebagai pemeran utama wanitanya. Selain juga diperankan oleh Pong Harjatmo dan Yati Surachman. Dan proses pembuatan film ini memang terbilang sangat serius. Untuk menggambarkan lokasi sesuai dengan zamannya, tim produksi Film ‘Lasjkar Di Tapal Batas’ dengan sengaja mencari lokasi syuting yang sesuai dengan zaman perjuangan Tidjan hingga ke pelosok desa di sekitar Cimanggu, Bogor, Jawa Barat.

Film ‘Lasjkar Di Tapal Batas’ akan tayang mulai 11 Agustus 2016 di seluruh bioskop di Indonesia. Semoga kisah Tidjan dalam film ‘Lasjkar Di Tapal Batas’ ini dapat diterima masyarakat dan dapat menjadi tambahan pengetahuan tersendiri bagi kaum muda zaman sekarang. Inilah persembahan kecil kami untuk bangsa Indonesia yang akan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-71 tahun ini, tutup Letsman.

(Vie/gha; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*