“Pariban Idola dari Tanah Jawa”
Komedi Romantis Bertema Budaya Batak

ThreeVenue, Jakarta, –

Kebangkitan film Indonesia kian terasa dalam beberapa tahun terakhir, terbukti dengan banyaknya film Indonesia yang bisa meraup jutaan penonton dan merajai layar bioskop dalam negeri. Sejalan dengan hal tersebut, produksi film lokal di berbagai daerah juga makin menggeliat. Berbagai film regional terus bermunculan mulai dari Film Uang Panai asal Makassar, Surau & Silek dari Padang dan masih banyak lagi.

Terkini, Atiqah Hasiholan dan Ganindra Bimo beradu akting di Film Pariban Idola dari Tanah Jawa yang kental dengan Budaya Batak. Film besutan sutradara Andibachtiar Yusuf ini dibuat dengan genre komedi romantis. Stayco Media selaku rumah produksi yang membuat #FilmPariban mencoba untuk menghadirkan film komedi yang juga menyuguhkan keindahan alam Pulau Samosir dan Danau Toba yang kental dengan kebudayaan adat Batak. Meski mengusung isi regional, Film Pariban Idola dari Tanah Jawa tetap relevan ditonton seluruh suku di Indonesia karena cerita yang mungkin dialami para muda mudi masa kini.

“Semua muda-mudi batak pasti punya pariban, kami ingin mengajak publik untuk mengenal budaya kami sambal tertawa melihat berbagai kekonyolan yang lazim terjadi saat dijodoh-jodohkan dengan sepupu sendiri. Kami mencoba bertutur dengan sederhana tanpa menggurui, jadi orang batak nggak perlu tinder untuk dapat jodoh. Kami cukup menemukan pariban yang tepat”

Genre Komedi sendiri tidak asing bagi Atiqah Hasiholan yang sebelumnya terlibat Sitkom OK Jek di salah satu stasiun TV swasta. Film ini akan menjadi kesempatan perdana Atiqah Hasiholan beradu akting dengan Ganindra Bimo. Atiqah Hasiholan secara khusus memberikan apresiasi terhadap totalitas Ganindra Bimo dalam memerankan tokoh Moan di #FilmPariban. “It’s good to be back! Setelah setahun lebih nggak akting, sekarang akting lagi dalam sebuah film komedi garapan Andibachtiar Yusuf. Menyenangkan bisa main bareng Ganindra Bimo yang totalitas aktingnya sangat saya sukai.”

Agustinus Sitorus CEO Stayco Media dan Produser #FilmPariban menuturkan, dirinya mencoba membuat sebuah film yang menceritakan adat dan budaya batak dengan cerita yang lebih ringan dan dekat dengan keseharian muda-mudi batak pada hari ini. “Sebagai orang batak Agustinus terpanggil untuk membagikan cerita keseharian orang batak kepada publik yang lebih luas. Pariban sendiri merupakan istilah yang digunakan bagi sepupu dalam masyarakat batak yang biasanya dijodohkan oleh para orang tua.”

“Semua muda-mudi batak pasti punya pariban, kami ingin mengajak publik untuk mengenal budaya kami sambal tertawa melihat berbagai kekonyolan yang lazim terjadi saat dijodoh-jodohkan dengan sepupu sendiri. Kami mencoba bertutur dengan sederhana tanpa menggurui, jadi orang batak nggak perlu tinder untuk dapat jodoh. Kami cukup menemukan pariban yang tepat,” canda Agustinus.

Sutradara Andibachtiar Yusuf menyatakan, Film Pariban akan menjadi Film Komedi perdana miliknya sekaligus kolaborasi kedua dengan Agustinus Sitorus. “Setelah Love for Sale, #FilmPariban akan menjadi kerjasama kedua kami. Pariban adalah sebuah kisah komedi dengan latar budaya Batak yang cukup kental, film ini akan menjadi karya komedi pertama gue.”

Pariban bercerita tentang Moan (Ganindra Bimo) sosok pemuda Batak yang sudah lama tinggal di Jakarta. Meski usianya sudah menginjak 37 tahun, tetapi belum punya pacar. Situasi ini membuat ibunya yang bermukim di Samosir pusing dan harus turun tangan. Lalu memaksa Moan untuk mudik dan menikah dengan sepupunya, Uli (Atiqah Hasiholan). Di luar dugaan, Uli yang diceritakan sebagai wanita cantik dan mencintai budaya Batak, sudah memiliki kekasih.

Pariban Idola dari Tanah Jawa dibintangi oleh Atiqah Hasiholan, Ganindra Bimo, Dayu Wijanto, Rizki Mocil, Bang Tigor, Imelda Budiman, Mak Gondut, dan masih banyak lagi. Film ini merupakan produksi perdana Stayco Media dan dijadwalkan tayang pada Agustus mendatang.

(ril/a yen; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*