'Bukit Wajah' Fatu Un Kolbano Pantai Koral Berwarna-warni

NTT,-
Menikmati bukit berwajah ‘Fatu Un’ di Kolbano Pantai Koral yang penuh warna, menyuguhkan keindahan pantai yang berwarna kehijauan, dengan hamparan luas air laut kebiruannya, hanya bisa dijumpai di Desa Kolbano, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.
Terletak  135 km dari Kota Kupang atau sekitar 3 jam berkendara, sebelum menuntaskannya di bukit wajah Fatu Un, Kolbano. Sepanjang menuju Pantai Kolbano bakal disuguhi  suasana yang memicu kekaguman,   jalan berkelok-kelok, naik-turun bukit,  tanjakan terjal  dan jalan menurun yang curam,  jembatan kayu yang mendebarkan sepanjang 240 meter di atas sungai Noelmina. Hingga hamparan hutan yang hijau lestari dan persawahan  yang terhampar luas menenangkan, tentunya deretan  rumah-rumah perkampungan yang bersahaja berdinding bambu serta beratapkan ilalang.
Bukit Wajah Fatu Un Kolbano  dengan hamparan batu berwarna-warni serta panorama pantainya yang menakjubkan  dengan lautan biru muda (turquoise) yang membentang luas.  Itulah Pantai Kolbano yang berhadapan dengan  Samudera Hindia. Keunikan Bukit Wajah Pantai Kolbano sungguh tiada duanya di dunia.
Pantai dengan keunikan batuan koralnya ini  mempunyai bentuk, ukuran dan warna beragam. Ada yang bulat, lonjong, oval, kubus, prisma, dan lain-lain.  Mulai dari yang berukuran sebesar kelereng hingga sekepalan tangan orang dewasa.  Warna-warni batuannya pun menakjubkan  dari hitam, putih, kelabu hingga warna-warna yang cantik seperti merah, merah muda (pink), coklat, peach, jingga dan abu-abu kehijauan atau  berwarna gradasi.
Bukit Wajah Fatu Un,  menjadi ikon yang tak terpisahkan dari keindahan Pantai Kolbano, sebuah batu raksasa di hamparan keindahan koral pantai.  Sehingga Fatu Un  menambah eksotis Pantai Kolbano.  Dari puncak Fatu Un, laut bergradasi biru muda hingga biru tua membentang luas dengan hamparan batuan warna-warni di tepi pantainya. Nun jauh, bukit-bukit kapurnya semakin mempercantik Pantai ‘Perawan’ Kolbano.
Banyak maskapai yang melayani penerbangan dari Jakarta, Surabaya maupun Denpasar ke Kupang.  Dengan kendaraan sewaan, perjalanan ke Bukit Wajah Fatu Un Kolbano dengan keindahan Pantai Koral yang berwarna-warni pun bisa dinikmati melalui 3 (tiga)  jam berkendara.   (mdtj ; foto yakoub s.

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*