Spirit Majapahit Jelajahi Negeri Matahari Terbit

Jakarta,-

Kapal Spirit of Majapahit hari ini dilepas dari Dermaga 21, Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara. Kapal itu akan berlayar menuju beberapa tempat, seperti Pontianak, Brunei, Filipina, Taiwan, dan Jepang sebagai tujuan terakhir. Kapal ini dirakit di Pantai Solepeng, Sumenep, Madura, yang terdiri atas beberapa ahli teknik perkapalan dari Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia, dan Universitas Hasanuddin, berdasarkan kapal yang ada pada relief di Borobudur.

Menurut Ketua Yayasan Majapahit Sumarwoto Soejono, dana yang dihabiskan untuk perakitan kapal itu sekitar Rp 2 miliar. Pembuatan kapal ini merupakan proyek Yayasan Majapahit, yang ingin menguatkan ikatan budaya antara Indonesia dan Jepang.

Indonesia dan Jepang memiliki sejarah hubungan diplomatik cukup baik, dibuktikan dengan penemuan keris Majapahit di Okinawa dan penemuan pecahan keramik Imori Kerajaan Jepang abad 13 di Trowulan- Jawa Timur.

Proyek ini berawal dari 2010 silam, untuk membangun replika kapal yang diberi nama ‘Spirit of Majapahit’, dengan panjangnya 20 meter dengan lebar 45 meter. Kemudian memiliki cadik yang berukuran 20 kali 8 meter serta dilengkapi dengan dua layar besar. Pada lambung kapal terdapat lubang untuk dayung, tipe yang sama saat kapal Majapahit masuk ke Kali Brantas menuju Trowulan. Pada abad ke 13, menurut catatan sejarah kapal Majapahit beberapa kali melakukan pelayaran ke Okinawa dan beberapa tempat di Jepang.

Napak tilas pelayaran Majapahit ke Jepang berlangsung Mei-Juli 2016 dengan rute Jakarta-Pontianak-Brunei Darussalam-Manila-Jepang. Pada saat Kapal Spirit of Majapahit tiba di Jepang, akan diselenggarakan Festival Rempah-Rempah dan Festival Keris sebagai bagian dari ekspedisi ini. Selain kapal tersebut kemudian akan dimuseumkan sebagai monumen diplomatik antara Indonesia dan Jepang.

(gha/mdtj; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*