Nagaswara Satukan Ramadan Lewat Salam Religi

ThreeVenue, Jakarta,-

Momentum Ramadan dijadikan Nagaswara sebagai sebuah label dan manajemen yang menaungi banyak artis penyanyi untuk mempersembahkan lagu-lagu religi terbaiknya. Bertajukan Salam Religi, Nagaswara mengemasnya dalam Indahnya Musik Ramadan Menyatukan Keberagaman.

Album kompilasi religi ini cukup luar biasa, seolah menyambut datangnya malam Nuzulul Quran, yang berisikan 14 single lagu dari Wali Band, Zaskia Gotik, Siti Badriah, Fitri Carlina. Merpati, RPH, Caramel, Jaluz, Abad 21, Bintang feat Rendy Zigaz, Ucie Sucita, KK Band, Keyne Star, dan Ziana.

Seperti single “Salam 5 Waktu” ciptaan Apoy, yang telah dirilis tahun 2016 dan kini di arransemen ulang. Single yang bercerita tentang ajakan untuk mendirikan Sholat 5 waktu dalam sehari semalam.

Lagu “Salam 5 Waktu” pun telah menjadi theme song dari sinetron berjudul “Amanah Wali” yang tayang di RCTI selama bulan ramadan, dimana sinetron ini diperankan sendiri oleh para personil Wali. Selain tergabung dalam album kompilasi “Salam Religi”, mereka pun menelurkan pula album religi bertajuk “Amanah Wali” yang berisikan 14 lagu.

Sementara Zaskia Gotik, dengan single “Cintaku Karena Allah” ciptaan Yogi dan Depp, yang pernah dirilis juga tahun 2015. Bercerita bahwa seluruh hidup dan matinya karena Allah, semuanya adalah milik Allah. Begitupun rindu dan cinta hanya kepada Allah, karena semuanya akan kembali kepada Allah.

Single lainnya “Tobat Maksiat”, yang dirilis Wali Band ciptaan Apoy dan kini dibawakan oleh Siti Badriah, yang berkolaborasi dengan Zaskia Gotik. Bercerita tentang nasehat buat seorang sahabat agar segera tobat dari perbuatan maksiat.

Fitri Carlina - Foto Muller Mulyadi
Fitri Carlina

Selanjutnya Fitri Carlina yang membawakan single religi ciptaan Andi Merpati dengan judul “Taqwa”. Bercerita tentang orang-orang yang meyakini Allah dengan menjalankan segala perintahnya, dan menjauhi segala larangannya. Arranssemen lagu ini dibantu oleh Jaya Shalwa RPH, yang disesuaikan dengan karakter vokal dari Fitri Carlina.

Merpati yang produktif menelurkan single-single religi, kali ini membawakan single “Rukun Islam” ciptaan Andi Merpati. Single ini diangkat karena mengetahui dan menjalankan rukun islam adalah syarat sahnya seorang muslim. Dan sama halnya dengan Wali, Merpati pun selain ada di album kompilasi ‘“Salam Religi”, mereka juga menelurkan album religinya sendiri dengan judul “Merpati Band Religi” berisi 14 lagu.

Sedangkan KK Band, grup band rock yang dimotori Kaka (vokalis) merilis single “Berikan Aku Hidayah” ciptaan Ale Almano. Bercerita tentang seseorang yang sudah lelah dengan kehidupan duniawi, akhirnya pada suatu titik, dia merasa jenuh dan bertobat dengan memohon ampun kepada Yang Maha Kuasa, agar dibukakan pintu taubat dengan seluas luasnya.

Tak ketinggalan duo pendatang baru, RPH (Republik Patah Hati), yang menelurkan single religi bertajuk  “Alhamdulillah Lebaran” ciptaan Yogi RPH. Bercerita tentang kebahagiaan atau sukacita menyambut datangnya hari lebaran atau hari kemenangan, karena sebulan penuh umat muslim berpuasa dan diakhiri dengan bersalam-salaman di hari lebaran. Sementara grup band asal Makassar, Caramel, tak mau ketinggalan meluncurkan single religi berjudul “Dua Kalimat Syahadat” ciptaan Pay Caramel.

Disamping itu ada, Keyne Star, penyanyi asal Bandung, yang ikut dalam album kompilasi ini dengan singlenya  “Abatasa” ciptaan Apoy. Lagu yang menceritakan tentang indahnya belajar mengaji.

Ziana pun hadir sebagai grup vokal yang semuanya perempuan berhijab, cantik dan smart, dengan single kekiniannya yang berjudul “Cinta Halal Haram” ciptaan Cakra Dewa, yang akan mengawali kehadiran mereka di Blantika musik Indonesia.

“Cinta Halal Haram” menceritakan tentang bagaimana melihat cinta dari dua sudut yang berbeda yakni, menurut agama dan kebiasaan/budaya saat ini, dan berharap mendapat kehalalan cinta sampai kepada jenjang pernikahan. 1st single ini bergenrekan “Pop Music Positive Universal”.

Kemudian ada grup band asal kota hujan Bogor, Jawa Barat seperti Jaluz, Abad 21, dan Bintang turut meramaikan album ini. Sebut saja “Aku Takkan Bisa” ciptaan Reka dan Uci ‘“Cobek Merah” menjadi single yang dibawakan Jaluz. Menceritakan tentang seseorang yang teringat cerita dari orang tua dan menyadari bahwa dosa-dosanya tak bisa disembunyikan.

Ucie Sucita - Foto Muller Mulyadi
Ucie Sucita

“Pesan Bunda” ciptaan Robby Abad 21, bercerita tentang seorang anak yang teringat akan pesan ibunya yang mengatakan betapa luar biasanya beribadah di bulan Ramadan dan malam Lailatul Qodar. Dan “Beri PetunjukMu” ciptaan Aldy dan Rendy Zigaz. Disingle ini, Bintang Band-berkolaborasi secara featuring dengan Rendy Zigaz. “Beri PetunjukMU” bercerita tentang seseorang yang mencari makna hidup, karena dulunya ia berada dalam dunia gelap, dunia keburukan, dan akhirnya merasa jenuh, dan mencari petunjuk dalam hidupnya. Single ini berhasil mereka nyanyikan dengan penuh makna sesuai dengan liriknya.

Melengkapi album religi ini, Ucie Sucita pemenang 2 (dua) kategori award yang diselenggarakan dua televisi swasta nasional, merilis single solo religinya yang bertajuk “MemujaMu” ciptaan Andi Merpati. Bercerita bahwa hanya kepada Allah tempat kita memuja, dan tempat kita bersujud. Dimana konsep musik dalam lagu ini lebih kepada genre pop religi.

Dan secara khusus, Rahayu Kartawiguna, selaku CEO Nagaswara mempersiapkan album kompilasi “Salam Religi” dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Indonesia, khususnya umat muslim di segenap pelosok negeri ini. Sekaligus menyambut malam yang penuh berkah, Nuzulul Quran.

(tjo; foto mm

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*