2016 EISA Beri 4 Penghargaan Sony
DSC-RX1R II Raih European Premium Compact Camera

Jakarta,–

European Imaging and Sound Assocation (EISA) telah memberikan Sony empat penghargaan di tahun 2016, yaitu “European Premium Compact Camera”, “European Photo & Video Camera”, “European Prosumer Compact System Camera” and “European Professional Compact System Lens”. Dan salah satu penghargaan diberikan kepada Sony RX1R II yang dinobatkan “European Premium Compact Camera”.

“Sebagai perusahaan yang didasari kreativitas dan inovasi, kami berterima kasih atas empat penghargaan dari empat kategori berbeda yang diberikan EISA. Penghargaan ini menjadi bukti nyata atas komitmen Sony dalam memproduksi produk-produk berkualitas tinggi yang dapat memenuhi kebetuhan pelanggan terhadap teknologi yang inovatif,” jelas Kentaro Hatanaka, Marketing Director, Sony Indonesia.

RX1R II, sebagai kamera full-frame terkecil di dunia, menghasilkan kualitas gambar tertinggi diantara semua kamera saku digital Sony yang pernah dibuat. Kemampuan ini lantaran adanya sensor beresolusi tinggi 42.4 MP full-frame dengan aperture besar, lensa fixed focal length ZEISS Sonnar T* 35mm F2, yang telah disesuaikan untuk performa yang optimal.

Dilengkapi juga dengan Optical Variable Low-pass Filter yang pertama di dunia menghasilkan kualitas gambar yang menakjubkan dengan wide dynamic range dan gangguan yang sangat rendah. Sistem Fast Hybrid AF dengan phase-detection dan contracst-detection terdepan menjamin hasil gambar yang tajam dan dengan prosesor kuat BIONZ X.

XGA OLED Tru-Finder™ yang dapat ditarik dan layar LCD yang dapat dimiringkan memberikan kebebasan untuk mengambil komposisi kreatif. Kamera saku digital premium ini adalah pemenang sejati dalam berbagai aspek.

Kamera RX1R II menggunakan sensor Exmor R® CMOS Full-frame 35mm back-illuminated dengan kapabilitas 42.4 megapiksel efektif yang dikombinasikan dengan mesin prosesor terkuat BIONZ X untuk menangkap gambar dengan resolusi dan sensitivitas superior (ISO 100-25600, dapat diperluas hingga 50-102400) dengan fitur wide dynamic range. Memiliki struktur back-illuminated pada sensor, memungkinkan kamera untuk mentransmisi dan memindahkan data 3.5 kali lebih cepat.

Lensa dengan apartur besar 35mm F2 ZEISS® Sonnar T* memastikan bahwa semua gambar yang ditangkap oleh kamera memiliki tingkat  ketajaman yang sama dari tengah hingga ke pinggir. Lensa juga dilengkapi cincin putaran Macro yang unik untuk mengatur fokus terhadap objek foto hingga sedekat 14cm dari depan lensa dan memiliki sembilan bilah aperture yang dapat menghasilkan gambar halus, bahkan dengan latar belakang tanpa focus atau ‘bokeh’ dengan rentang apartur yang paling sering digunakan.

Optik Variabel Low Pass Filter

RX1R II juga dilengkapi dengan optik variabel low pass filter yang memungkinkan fotografer mengatur keseimbangan resolusi gambar dan kehadiran moiré atau warna artefak untuk menyesuaikan dengan subjek. Tiga pengaturan filter low-pass termasuk “off” menghasilkan efek yang mirip dengan memotret tanpa filter low-pass, pengaturan “standard” sangat sesuai ketika ingin mementingkan resolusi, yang memiliki keseimbangan yang tepat antara resolusi dan penghilangan efek moiré dan warna artefak, dan pengaturan“high” menonjolkan pengurangan moiré dan artefak.

Fitur unik ini memungkinkan fotografer untuk mendapatkan kualitas gambar beserta resolusi yang diinginkan berdasarkan kehadiran objek-objek dengan frekuensi spasial tinggi yang memicu moiré, seperti menggabungkan 2 kamera – dengan dan tanpa low-pass filter – ke dalam 1 bodi kamera. Low-pass filter bracketing juga tersedia dan dapat digunakan untuk membandingkan efek dari berbagai pengaturan.

Kamera RX1R II merupakan model pertama di dalam lini kamera saku digital RX Sony yang memiliki kapabilitas Fast Hybrid AF. Sensor kamera memiliki 399 titik deteksi fasa bidang fokal AF yang telah meliputi 45% area gambar. Jangkauan AF terluas pada sensor full-frame di dunia yang dikombinasikan dengan 25 titik kontras AF untuk menghasilkan respons focus 30% lebih cepat jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Sebagai tambahan, kamera ini telah mengadaptasi algoritme canggih untuk mendeteksi gerakan yang menawarkan performa terbaik dalam menangkap gambar dengan subjek yang bergerak dan memungkinkan mode AF-C tambahan untuk dapat melacak subjek setelah focus secara akurat.

Kamera ini juga telah dapat mencapai pengambilan gambar 5fps secara terus menerus dengan pelacak AF.  Perkembangan lain pada model baru ini telah meliputi beberapa pengaturan area AF seperti Wide, Centre dan Flexible Spot, dan juga Eye AF dan lock on AF.

Tru-Finder XGA OLED

Kamera RX1R II dilengkapi Tru-Finder™ XGA OLED yang dapat ditarik ke atas dan bawah hanya dengan satu sentuhan. Jendela bidik pada kamera dibentuk dengan Lapisan ZEISS® T* dan elemen empat kaca, termasuk dua lensa asferis, yang bekerja sama dalam menghasilkan tampilan dengan magnifikasi sebesar 0.74x[4] dan visibilitas jelas dari ujung ke ujung dengan distorsi minimal.

Kamera juga dilengkapi tampilan LCD WhiteMagic™ tipe 3.0 dengan 1.2 juta dot yang bisa dimiringkan 109 derajat ke atas dan 41 derajat ke bawah, memungkinkan lebih luasnya rentang sudut pengambilan gambar dan posisi yang variatif.

Dalam hal pengambilan video, sensor dan prosesor mutakhir yang dimiliki kamera dapat menghasilkan film dengan detil yang luar biasa dan minimnya gangguan. Sensor dan prosesor mendukung perekaman video HD 1920×1080 dengan kecepatan 60p, 30p atau 24p melalui penggunaan format rekaman film versatile, XAVC S.

Dengan harga Rp 51,999,999,- kamera RX1R II dilengkapi Wi-Fi® dan NFC serta kompatibel dengan aplikasi PlayMemories Mobile™ Sony yang tersedia di platform Android™ dan iOS, dan juga PlayMemories Camera Apps™ yang sedang dikembang oleh Sony.

Versi terbaru dari aplikasi populer “Smart Remote Control” dari PlayMemories Camera Apps™ akan hadir dalam waktu dekat. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar dari jarak jauh dengan menggunakan  smartphone sebagai remote dan juga fitur lampu terbaru yang disertai dengan fungsi pengambilan gambar secara terus menerus pada kamera terbaru ini.

(gha/foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*