Bekraf Luncurkan Program ORBIT
untuk Desainer Muda lndonesia Bertalenta

ThreeVenue, Jakarta–

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) merilis program ORBIT Seleksi desainer lndonesia. Salah satu program unggulan Bekraf yang bertujuan menjadi wahana bagi para desainer muda lndonesia bertalenta.

ORBIT menjadi bagian dari pengembangan kapasitas secara berkelanjutan, sehingga desainer yang dimunculkan lewat program ini dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui profesinya.

Kepala Bekraf, Triawan Munaf mengatakan, “ORBIT ini bukan sayembara atau kompetisi, jadi tidak ada juara. Bekraf menginisiasi profesional desainer muda untuk berkiprah lebih besar. Program ini akan mendukung sektor ekonomi kreatif terutama pada desain dan terkoneksi dengan program Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON).”

Dari seluruh peserta yang mendaftar program ORBIT akan dipilih 20 orang yang diseleksi oleh para kurator. Mereka akan diberikan pendampingan dan pelatihan dari mentor yang berkompeten sesuai dengan bidang profesinya masing masing.

Tahap l bulan Juli minggu ke-4 nominator desain terpilih akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi dan wawancara di hadapan Tim Kurator. Setiap peserta wajib membawa maket atau purwarupa. Tahap II bulan Agustus minggu ke-1. Penetapan 20 desainer terpilih oleh Tim Kurator akan langsung menjalani program inkubasi dengan tujuan pelatihan dan penyempurnaan maket/dummy/mock up/purwarupa yang mereka buat. Tahap III Agustus minggu ke-2 desainer terpilih berhak atas program pengembangan kapasitas di dalam dan di luar negeri serta dilibatkan pada program-program Bekraf terkait lainnya.

Ruang Lingkup Program Orbit meliputi seluruh bidang desain yaitu, Arsitektur, Desain interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion, Desain Tata Cahaya, Desainer Produk, Desain Tekstil, Kriya dan Lanskap.

Program ini adalah wahana bagi para desainer muda yang akan diorbitkan dan difasilitasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk menjadi desainer muda terbaik Indonesia.

(ayen; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*