“Culture in Resplendency”
Kolaborasi Danar Hadi dan Perancang Muda Indonesia

Jakarta,-

Sebagai salah satu identitas kultural dan warisan budaya Indonesia, batik tidak terpisahkan dari kota Surakarta atau Solo, dimana kerajinan batik mulai dari skala industri rumahan hinggga yang raksasa kini memenuhi setiap pelosok kota ini.

Sejarah Batik Danar Hadi juga berawal dari kota ini ketika pasangan H. Santosa Doellah dan Hj. Danarsih Santosa memutuskan untuk mendirikan usaha batik tahun 1967. Danar Hadi adalah gabungan nama yang diangkat dari penggalan nama Ibu Hj. Danarsih sendiri dengan nama orang tuanya, Bapak H. Hadipriyono.

aaa_IMG_0539Batik Danar Hadi berkembang dari sekedar usaha wiraswasta menjadi aset nasional yang kini melayani konsumen batik menengah ke atas. Sejak 1975, Batik Danar Hadi telah melebarkan sayap usahanya ke ibukota, Jakarta, dan kota-kota besar di seluruh propinsi Indonesia dan juga sebagai pendukung serta pemelihara fine-art batik sebagai warisan budaya Indonesia senantiasa melakukan terobosan inovasi produk maupun pembaharuan fasilitas pendukung guna memenuhi dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pecintanya.

Sebagai salah satu bentuk komitmen Batik Danar Hadi di dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pecinta batik di tanah air, khususnya masyarakat dan wisatawan di Jakarta, Batik Danar Hadi berbenah diri dengan melakukan renovasi bangunan secara total untuk Rumah Batik Danar Hadi cabang Raden Saleh yang merupakan toko pertama dari batik Danar Hadi di Jakarta yang telah beroperasi semenjak tahun 1975.

Dengan melakukan penyegaran dan perubahan total secara konsep dari bentuk fasade luar sampai desain interior di setiap lantainya, untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya di dalam berbelanja dimana lantai teratas merupakan function hall yang bisa digunakan untuk mengadakan acara-acara casual dengan daya tampung sekitar 200 orang pengunjung.

Managing Director PT. Batik Danar Hadi, Diana Santosa, menjelaskan, ”Batik Danar Hadi akan terus berupaya didalam memberikan kontribusi yang terbaik bagi kemajuan industri batik di Indonesia,dengan terusmelakukan peningkatan kualitas produk dan pelayanan yang terus kami berikan kepada para pecinta batik di tanah air. Batik merupakan hasil karya bangsa Indonesia yang sangat bernilai dan menjadi ciri khas budaya Indonesia yang teIah diakui dunia. Kita wajib bangga telah memiliki warisan budaya yang sangat membanggakan, sudah menjadi kewajiban bagi kita bersama untuk dapat memelihara dan mengembangkannya”.

Peresmian wajah baru Rumah Batik Danar Hadi dirangkaian dengan acara persembahkan khusus bagi para pecinta serta pelanggan setianya, yaitu pagelaran busana dengan tema “Culture in Resplendency”, Batik Danar Hadi menampilkan koleksi terbaru hasil kerjasama dengan para perancang busana muda berbakat Indonesia. Dengan menampilkan koleksi khas berupa koleksi batik cap, perpaduan busana casual dan formal dengan menggunakan bahan dasar sutera dan chiffon, mencipatkan koleksi yang berkelas namun tetap dapat dipergunakan dalam aktifitas keseharian.

aaa_IMG_0550Penampilan para muses batik Danar menambah nilai keindahan dan kesempurnaan pagelaran busana ini. Penampilan penyanyi Marcell Siahaan menambah meriah acara dengan mengiringi pagelaran busana dengan sentuhan lagu-lagu terbaiknya. Batik Danar Hadi memberikan penawaran istimewa pula untuk setiap pembelian produk Batik Danar Hadi pada saat hari peIaksaan event ini dengan memberikan diskon sebesar 15% untuk semua produk yang ada.

Tidak hanya menawarkan koleksi busana dan kain batik, Batik Danar Hadi juga memperluas portfolio bisnisnya dengan menawarkan koleksi furnitur serta piranti griya berbahan dasar batik serta beragam properti seperti House of Danar Hadi yang merupakan kawasan wisata terpadu yang terdiri dari Museum Batik Danar Hadi, Ndaiem Woeryoningratan serta Restoran Soga yang terietak di Soio. Disamping itu Danar Hadi juga mengembangkan dua buah Hotei di Jakarta di kenal dengan Sampit Residence dan POP Hotels Tebet.Saat iniBatik Danar Hadi telah memperluas jaringan pemasaran yang tersebar di 20 Rumah Batik Danar Hadi di 10 kota di Indonesia serta di berbagai department store terkemuka di indonesia.

(yy/mm ; foto alicia

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*