Debat Artis Pendukung Cagub DKI
Diharapkan Argumentatif Substantif

Jakarta,-

Debat Artis Pendukung Cagub DKI diharapkan menjadi sarana argumentasi dan presentasi politik yang semakin kehilangan isu-isu substantif. Karena politik kerapkali ditampilkan bak psnggung sandiwara, jelas Pong Harjatmo.

‘Debat Artis Pendukung Cagub DKI Jakarta 2017’ yang diusung Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, dan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) ini, menjadi sarana politis ideologis yang diwujudkan melalui program yang substantif dari masing-masing artis pendukung cagubnya.

Kita justru mengharapkan perdebatan ideologis, namun sayang praktik politik hari ini tidak lagi berpusat pada ideologi, tapi di dominasi logika pencitraan melalui media. Cenderung mendramatisasi dan perdebatan yang minim substansi, lanjutnya.

Dan Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia, serta Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI), dapat menjadi fasilitator dialog yang lebih sehat dan konstruktif antar kontestan politik, harap Pong.

Semoga saja kapasitas mereka tidak semata sebagai aktor politik, tapi juga ‘bintang media’ layaknya menjadi bintang iklan dan aktor sinetron. Jangan lagi artis tenar hanya untuk mendongkrak popularitas dan citra partai, kata aktor, yang tegas dalam menyuarakan pendapatnya ini.

Namun disisi lain, jelang Debat Artis Pendukung Cagub DKI, para artis sebagai sarana argumentasi dan presentasi dari para calon Gubernur DKI Jakarta, terancam batal hadir.  Hal ini, menurut Ketua Pelaksana ‘Debat Artis Pendukung Cagub DKI Jakarta 2017’, Amazon Dalimunthe, salah satu tim sukses pasangan calon (paslon) tidak konsisten mendukung acara ini.

“Teman-teman artis pendukung sebenarnya sudah siap menghadapi debat. Tapi dukungan dari tim sukses belum ada. Mereka masih membutuhkan rekomendasi dari timses. Kita masih terus berusaha agar acara ini tetap jadi,” terang Amazon Dalimunthe.

Meski demikian, wartawan senior ini berharap kubu paslon tersebut bisa merubah kebijakan dan mau terlibat dalam acara yang bertujuan memberikan edukasi politik kepada masyarakat. Bahkan sejumlah artis telah menyatakan bersedia menjadi narasumber pada acara ‘Debat Artis Pendukung Cagub DKI Jakarta 2017’, 5 Januari 2016 di Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail (PPHUI), Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan.

Para artis yang mewakili ketiga pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, antara lain, Eko Patrio, Dessy Ratnasari, Anang Hermansyah, Lucky Hakim, Primus Yustisio, Inggrid Kansil, Annisa Pohan, Okky Asokawati, Marissa Haque, Once, Sophia Inggriani Latjuba, Tompi, Cathy Sharon, Addie MS, Memes, Pandji, Rachel Maryam, Moreno Soeprapto, Derry Dradjat, Jamal Mirdad, Tengku Firmansyah, dan artis lainnya.

‘Debat Artis Pendukung Cagub DKI Jakarta 2017’ ini juga akan dihadiri  Plt Gubernur DKI Jakarta, Sony Sumarsono. Akan hadir juga Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI Jakarta Sumarno, Ketua Tim masing-masing pasangan calon, sejumlah Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, para artis, selebritis, serta para ketua organisasi keartisan, perfilman, kesenian dan kebudayaan, serta para wartawan yang terhimpun di berbagai organisasi profesi.

(ist/gha; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*