HUT KE-21 HUMANIORA FOUNDATION
Memenuhi Panggilan Kemanusiaan

Bekasi,-
Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-21 (1995 – 2016) Humaniora Foundation, dirayakan dalam bentuk “Malam Doa Syukur & Sahur On The Road” bersama para artis di bawah manajemen Positif Art Entertainment. Acara tersebut ditandai dengan acara santunan, dan makan sahur bersama para kaum dhua’fa, pemulung, anak jalanan, dan penyerahan gerobak bagi pemulung, di sekretariat Humaniora Foundation, Kranggan Permai Cibubur, Bekasi, Minggu (26/06/2016), pukul  02.00 WIB dini hari.
Lajimnya acara santunan yang sering diselenggarakan Humaniora Foundation  di siang hari, untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-21 tahun ini, acara kepedulian dilaksanakan di malam hari. “Selain keinginan untuk melaksanakan acara sahur bersama dengan kaum dhuafa, acara ini dimaksudkan menjadi salah satu bentuk tafakur malam nuzulul quran. Sebab Humaniora Foundation didirikan pada tanggal 17 Ramadhan. Di mana pada tanggal dan bulan suci tersebut umat Islam meyakini bahwa Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu-Nya (al-Quran) kepada Nabi Muhammad SAW,” terang salah satu Pendiri Humaniora Foundation, Eddie Karsito.
Al-Quran al-Karim, kata Eddie Karsito, adalah harmoni yang diturunkan Allah SWT, yang bertujuan untuk menata (ad-Din:Agama) kehidupan manusia. Agama hadir di muka bumi untuk memenuhi panggilan kemanusiaan. Pemahaman agama, lanjut Eddie, sudah semestinya direintepretasi dengan Iqra (pembacaan) yang lebih humanistik, pluralistik, dan emansipatif.
Beribadah (ritual) memang syarat mutlak ketaatan seseorang. Tapi ajaran Islam juga menjunjung tinggi kerja (karya), amal shaleh (perbuatan baik), dan amal nyata. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh para artis yang tergabung di Positif Art Entertainment malam ini, dengan menyantuni para pemulung dan mengajak mereka santap sahur bersama, tanpa ada perbedaan kelas sosial,” ungkap Eddie.
Hadir di acara “Malam Doa Syukur & Sahur On The Road” ini unsur pimpinan Positif Art Entertainment, diantaranya Sujana dan Febby R. Sujana, dari Humaniora Foundation, Iwan Burnani, dan musisi Kohar Kahler, para wartawan yang tergabung di FORWAN (Forum Wartawan Hiburan) Indonesia, dan para artis di bawah naungan Positif Art Entertainment, diantaranya Tiara Bahar, Cynthia Cepu, Band Gubernur, dan grup vocal LAKI (Muhamad Abidzar Al-ghifari (Abi), Andika Titun Pangesti (Dobleh), Kafka Afdal Muhamad (Kafka), Muhammad Ramadhan Kusumah (Bale), Rakhan Devana Sujana (Rakhan), dan Rezha Malvin (Eja).
Hadir juga penyanyi dangdut Dina “Sabun Colek” sekaligus merayakan Hari Ulang Tahunnya bersama kaum dhua’fa. Selain makan sahur bersama, Dina juga memberikan santunan kepada lebih dari 100 kaum dhua’fa, dan pemulung, binaan Rumah Singgah Bunda Lenny Humaniora Foundation. “Acara berbagi ini adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama. Membangun relasi tanpa pandang status sosial. Bentuk rasa syukur atas nikmat rezeki dan usia yang diberikan Allah SWT,” ujar Dina, didampingi para personil LAKI.
Humaniora Foundation adalah sebuah lembaga nirlaba. Didirikan pada tanggal 17 Ramadhan 1415 H / 17 Februari 1995 di Jakarta, oleh Eddie Karsito, para seniman dan wartawan koleganya. Bergerak di bidang pelayanan sosial, pendidikan, kajian sosial budaya, seminar, workshop, diskusi, pelatihan jurnalistik, pelatihan seni peran, maupun pendidikan sinematografi secara gratis.
Melalui Humaniora The Art of Stage and Broadcasting, yayasan melahirkan banyak sineas yang kini menempati posisi penting di industri perfilman dan pertelevisian di tanah air, baik sebagai aktor, aktris, penyanyi, musisi, penulis skenario, dan sutradara. Sebagian yang lain ada juga yang menjadi wartawan media cetak, radio dan televisi, pembawa acara, presenter dan pembaca berita televisi (penyiar).
(ist/d ; foto ist
Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*