Pemkot Surakarta Kerjasama Bisnis Agrikultur
dengan Nonghyup Group Korea

Surakarta, –

Perwakilan kelompok petani nasional Korea, Nonghyup Group, Kwon Soon Hyup berencana mengembangkan kerjasama di bidang pertanian dan produk-produk agrikultur dalam skala industri, dengan Pemerintah Kota Surakarta.

Demikian hal tersebut terungkap dalam jamuan makan malam di rumah dinas Walikota Surakarta di Loji Gandrung, pekan lalu, saat Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyambut tamu dari NongHyup, Andong, Korea Selatan ini.

Turut hadir dalam jamuan tersebut  Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Triyana, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Subagyo, Perwakilan Kamar Dagang dan Industri Kota Surakarta David Wijaya, Ketua Solo International Performing Arts Community Irawati Kusumorasri dan Direktur Paragon Mall Budianto.

NongHyup adalah federasi koperasi pertanian nasional Korea beranggotakan lebih dari 86.000 kelompok tani. Kwon telah mengunjungi industri rumah tangga pembuatan tahu di Kartasura dan melihat pasar buah dan sayur di Surakarta. Dirinya melihat potensi kerjasama dan kolaborasi dengan penduduk lokal untuk mengembangkan potensi tahu.

Oleh karenanya, Kwon ingin menggandeng pengusaha dan penduduk lokal untuk mengembangkan industri tahu dan agrikultur terutama varian produk buah apel. Pengembangan tersebut berupa pembangunan infrastruktur pabrik, manajemen dan sumber daya manusia.

Sementara Walikota Surakarta, Rudy, menyambut positif tawaran NH Group tersebut dan pemerintah siap memfasilitasi kerjasama ini. Bahkan lebih jauh dipaparkan Rudy bahwa Kota Surakarta juga adalah pusat tekstil, kerajinan tangan dan mebel. Tentu harapannya komoditas unggulan ini bisa dipasarkan pula di seluruh Korea melalui jaringan NongHyup Group.

(gha/tjo; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*