Robot Penunjuk Jalan Bandara Incheon

Seoul,-

Mulai akhir tahun 2016 nanti, tamu bandara internasional Incheon dapat memanfaatkan jasa penunjuk jalan kepada sebuah Robot. Dan sang Robot akan memberikan informasi terkait fasilitas dan petunjuk arah di bandara tersebut. Selain itu Robot juga dapat melayani pengantaran bagasi, serta sekaligus sebagai robot pembersih lantai.

Pihak bandara internasional Incheon mengemukakan bshwa pada akhir 2016 nanti, berencana menghadirkan 15 robot yang mamp melayani informasi, pembersih lantai dan pengantar bagasi. Selain robot-robot tersebut, kedepannya juga akan menghadirkan beberapa robot lainnya yang mampu melayani pemeriksaan keamanan, proses check-in, lounge bandara dan lainnya.

Dan 15 robot yang akan diperkenalkan terlebih dahulu, yakni 5 robot yang melayani informasi fasilitas dan arah di bandara, 5 robot pengantar bagasi, dan 5 robot pembersih lantai. Robot-robot tersebut dilengkapi dengan autonomous funcion yang dapat mendeteksi lokasi yang diperlukan sehingga dapat mobile untuk menghindari tabrakan dengan pengunjung atau wisatawan.

Robot-robot inipun dilengkapi juga dengan voice recognition dan response function yang memungkinkan mereka mengerti 4 bahasa seperti bahasa Korea, bahasa Inggris, bahasa China, dan bahasa Jepang. Seperti jika ada yang bertanya dengan bahasa China, maka robot ini akan mengerti dan akan memberikan informasi dengan menggunakan bahasa China.

Namun jika ada pertanyaan selain dari data yang sudah di input, untuk sementara robot akan menjawab ‘tidak tahu’. Kemudian, tim informasi bandara Incheon akan menerima pertanyaan tersebut dan memberikan jawabannya. Selanjutnya pertanyaan dan jawaban tersebut akan langsung disebarkan ke robot-robot lainnya agar dapat menyajikan informasi bagi wisatawan atau pengunjung di bandara.

(gha/mdtj; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*