Susi Menerima Excellence in National Stewardship
Peter Benchley Ocean Awards

Jakarta,-

Smithsonian’s National Museum of Natural History, Washington DC, Amerika Serikat, pada 11 Mei 2017 mendatang akan menjadi saksi di mana Susi Pudjiastuti bakal menerima Peter Benchley Ocean Awards. Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia itu bakal dianugerahi 2017 Excellence in National Stewardship.

Susi diganjar penghargaan tersebut karena dinilai mampu mengurus kelautan Indonesia dengan baik. Susi dinilai agresif dalam melindungi kepentingan ekonomi dan lingkungan kelautan bangsa Indonesia dengan memberantas operasi armada kapal asing yang melakukan pencurian besar-besaran di laut Indonesia. Keberanian Susi meledakkan dan menenggelamkan lebih dari 200 kapal yang melakukan praktik illegal fishing juga telah berhasil mencegah upaya kejahatan internasional terorganisir yang telah beroperasi di lautan Indonesia bertahun-tahun lamanya.

Susi dianggap berperan aktif dalam pembebasan awak kapal perikanan yang dijadikan budak di banyak kapal-kapal asing. Ia juga memimpin pembebasan hiu paus yang terjebak secara ilegal. Dan berbagai terobosan lainnta yang dinilai berperan penting dalam melindungi ekosistem laut Indonesia yang unik dan terkenal di dunia. Selain kebijakan-kebijakannya yang memberikan manfaat ekonomi dengan mempertahankan mata pencaharian puluhan ribu nelayan Indonesia.

Dan dalam rangka menandai ulang tahun ke-10 Peter Benchley Ocean Awards itu juga digelar simposium kepemimpinan laut tingkat tinggi dengan tema ‘Taming the Outlaw Seas” yang terbuka untuk umum, dengan menampilkan cerita-cerita luar biasa dari pahlawan-pahlawan laut di seluruh dunia. Simposium berfokus pada upaya global untuk mengakhiri Illegal, Unregulated, and Unreported Fishing (IUUF).

Pemberantasan IUUF penting untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia, mencegah kepunahan satwa laut dan habitatnya, serta memerangi kejahatan terogranisir seperti perdagangan dan perbudakan manusia, serta penyelundupan narkoba.

(tjo; foto muller

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*