Tantangan Terbesar Ramadan
Menjaga Kejujuran Bersama 9APPS

Jakarta,–

Untuk mengenal lebih jauh berbagai tantangan Ramadan yang dihadapi para pengguna 9APPS, toko Android terdepan milik UCWeb dari Alibaba mobile business group, baru-baru ini 9APPS meluncurkan sebuah survei kepada 8.084 pengguna internet mobile di Indonesia.

Ternyata tantangan terbesar bagi umat Muslim di Indonesia di bulan Ramadan ini bukanlah menahan lapar dan haus selama 12 jam masa puasa. Karena Ramadan bulan suci bagi umat Muslim untuk menjalankan puasa, meningkatkan disiplin dalam ibadah, juga membangun kontrol diri yang lebih baik lagi.

Adalah fakta, Kaum Muslim di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan di usia dini. 70% dari para responden mengatakan bahwa mereka mulai berpuasa Ramadan saat berumur kurang dari 10 tahun. Dan Lebih dari 50% responden pernah dengan sengaja batal puasa dan berpura-pura berpuasa

52% mereka pernah dengan sengaja membatalkan puasa mereka dalam lima tahun belakangan ini, 34% batal puasa sebanyak 1-3 hari, 8% batal selama 3-5 hari, dan 10% batal puasa lebih dari 5 hari dalam bulan Ramadan.

Bagi mereka yang mengaku batal puasa secara sengaja sebelum waktu berbuka, 57,58% dari mereka mengatakan bahwa mereka tetap berpura-pura berpuasa karena malu apabila ketahuan. Namun, 42,42% menyatakan bahwa mereka tidak peduli jika ketahuan tidak berpuasa.

Jadi tantangan terbesar selama menjalankan puasa Ramadan menurut 35% dari responden tidak berhubungan dengan menahan lapar dan haus. Namun melainkan bagaimana menahan diri agar tetap tenang dan tidak terpancing amarahnya ketika harus berhadapan dengan orang yang menjengkelkan.

Tantangan terbesar kedua, 34% dari responden adalah bagaimana agar tetap bisa beraktivitas penuh di siang hari selagi menahan diri dari makan dan minum, yang mana tubuh cenderung lebih lemah dan mudah terserang kantuk.

Selama Ramadan, 56% dari responden mengakui bahwa bergumul dengan kemacetan jalan selagi bergegas menuju pulang untuk berbuka puasa adalah tantangan terbesar selagi harus tetap menjaga ketenangan hati dan tidak meledak dalam kemarahan.

Terpenting Ramadan adalah menjaga kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. 51,2% responden mengatakan mereka tetap menjaga kejujuran dan tidak tergoda untuk berbuat curang. Dan 9APPS membantu para pengguna Indonesia untuk menjadi Ramadan Champion.

(Gha/mdtj; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*