Yayasan Pena, Ancol Beach City, SCTV, Indosiar dan Forwan Indonesia Gelar Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim

Jakarta,-

Sebagian dari harta kita merupakan hak dari anak yatim. Selain itu kita diwajibkan untuk mengasihi anak yatim dan mengasuhnya dengan baik. Atas dasar itulah, Yayasan Pena bekerjasama Ancol Beach City dengan Pundi Amal SCTV  serta Jalinan Kasih INDOSIAR  dan di dukung Forum Wartawana Hiburan (Forwan) Indonesia menggelar Buka Bersama 1000 Anak Yatim, 21 Juni mendatang, cetus Erna Santoso, Pimpinan Yayasan Pena dihadapan sejumlah wartawan di Bintaro, Tangerang Selatan.

Gelaran berbagi kasih untuk ke enam belas kalinya ini, juga melibatkan Ardina Rasti, puteri kedua Erna Santoso, yang merasa salut dengan ibundanya yang setiap tahun menggelar buka bersama dengan ribuan anak yatim. Dan Ardina  Rasti menyatakan tekadnya untuk mensukseskan acara Buka Bersama 1000 Anak Yatim yang digelar ibundanya tersebut.

Lebih jauh, Erna Santoso mengatakan acara Buka Bersama 1000 Anak Yatim melibatkan juga 100 artis Layar lebar, sinetron, penyanyi dan musisi antara lain Raffi Ahmad, Nagita, Baim Wong, Kevin Aprilio, Niki Tirta, Rama Michael serta artis senior Dorce Gamalama, Dwi Yan, Yulia Perez, Yati Octavia, Teddy Prangi, Ely Sugigi dan masih banyak lagi.

Menyantuni anak yatim berarti memperhatikan dan mengurusi segala keperluan sang anak, seperti mendidik, mengasuh, mencukupi keperluan makan, pakaian dan lain-lain. Berdasarkan beberapa hadits kita akan mendapatkan pahala dari keutamaan shodaqoh tersebut, seperti Pertama; Rasulullah bakal menjamin kepada orang yang mengasuh anak yatim yakni mereka akan mendapatkan pahala setara dengan pahala orang berjihad. Dalam sebuah sabdanya Rasulullah menjelaskan bahwa ketika kita mengasuh tiga anak yatim maka hal tersebut setara dengan bangun pada malam hari dan berpuasa pada siang hari serta keluar pada sore dan pagi hari untuk berjihad dijalan Allah. Rasulullah menambahkan bahwa orang-orang tersebut bagaikan saudaranya dan akan masuk ke surga bersama Rasul.

Keutamaan yang kedua; kita akan dilindungi dari hari kiamat. Orang yang mengasuh anak yatim, mereka tidak akan diadzab oleh Allah dan mereka akan dihindarkan dari ancaman pada hari kiamat Hal ini berlaku bagi mereka yang mengasihi anak yatim dengan bersikap ramah kepadanya, bertutur kata manis memaklumi kelemahannya dan tidak menyombongkan diri pada orang-orang disekitar atas kekayaan yang diberikan oleh Allah.

Sedangkan keutamaan ketiga; yakni mendapat kemudahan masuk surga. Tiap manusia pasti menginginkan untuk masuk surga bersama Rasulullah. Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa siapa yang mengasihi anak yatim di tengah kaumnya dengan memberikan makan, minum maka Allah menjamin mereka akan masuk surga. Namun hal ini tidak berlaku jika selama hidupnya mereka pernah melakukan dosa besar yang tidak diampuni oleh Allah.

Dalam Islam kita dianjurkan untuk berbuat baik dengan semua manusia, terutama pada anak yatim piatu. Bahkan di dalam Al-quran telah dijelaskan mengenai sebagian harta umat muslim yang merupakan hak dari anak yatim. Sebagai seorang muslim, hendaknya kita menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. 

(ist/mdtj; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*