'Membingkai Seni Tradisi' Dari Balik Lensa

Jakarta,-

Seni Tradisi bagi kalangan tertentu masih dianggap sebagai sesuatu yang kuno dan tidak menarik lagi. Namun lewat bidikan Sapto Adiwiloso, yang tertuang dalam buku bertajuk Membingkai Seni Tradisi, menjadi hal yang lebih menarik dan perlu dipertahankan keberadaannya.

Padahal sejatinya, seni tradisi merupakan unsur kesenian yang telah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. Lantaran itulah jati diri suatu bangsa pun berpangkal dari berkesenian ini. Dari catatan yang ada, Indonesia memiliki 3000 tarian asli yang menjadi nadi dari tari tradisi tersebut.

Dengan Membingkai Tari Tradisi, maka seni tari yang terus hidup di masyarakat dapat tetap lestari. Meski kini telah mendapatkan sentuhan modernisasi baik tata lampu atau tata panggung sesuai kebutuhan dan sesuai kemajuan teknologi.

Sepanjang 84 halaman, buku ini tak sekedar buku semata tapi lebih kepada catatan perjalanan dokumentasi tari tradisi yang dialami penulisnya. Berisi foto-foto tari tradisi yang eksotik, juga catatan kecil latar belakang dari seni tradisi tersebut. Jadi mari cintai seni tradisi agar jati diri bangsa tak terkoyak nanti.

(mdtj; foto nyg

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*