Aja Kelalen …
Geliat Negeri 1001 Curug, Banyumas

ThreeVenue, Jakarta, –

Inilah Negeri 1001 Curug, Banyumas, sebuah wilayah yang dikelilingi daratan nan indah serta pegunungan sejuk yang menawan. Wilayah yang dikenal dengan lokawisatanya Baturraden, ternyata menyimpan potensi luar biasa mulai dari Curug Cipendok, Curug Gumawang, Pemandian Air Mineral Kalibacin hingga sumber air panas Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu.

Banyumas TV 2Berada di lereng Gunung Slamet pada ketinggian 640 meter di atas permukaan laut. Selain Baturraden, beberapa tempat wisata layak disambangi lho …,  aja kelalen … karena obyek-obyek wisata yang ada mampu menyita perhatian wisatawan nusantara (Wisnu) maupun wisatawan mancanegara (Wisman). Dimana pada tahun 2016 mampu mencapai 1,8 juta wisatawan, jelas Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, Saptono saat melakukan promosi wisata Banyumas di RM Handayani, Jakarta Timur.

Saptono yang didampingi Kepala UPT Lokawisata Baturraden, Djoko Haryanto dan Sekretaris PHRI Banyumas, Heru Permana menambahkan bahwa jumlah kedatangan wisatawan tersebut telah melampaui target 2016 yakni sebesar 1.150.000 wisatawan.

“Oleh karenanya, untuk lebih memperkenalkan pariwisata dan berbagai programnya, Pemerintah Kabupaten Banyumas pada tahun 2017 ini telah menganggarkan dana sekitar Rp 5 Miliar,” lanjut pria berkumis ini.

Banyumas TV 3Tidak saja, obyek-obyek wisatanya yang menarik, wisatawan pun dapat mencicipi kuliner atau membawa pulang oleh-oleh serta souvenir khas Kabupaten Banyumas. Sudah pasti tempe mendoan, nopia, gethuk goreng, kripik, jenang jaket, sampai sroto (soto), dan sate bebek siap membuat lidah para wisatawan berdecap nikmat.

Bahkan untuk tempat beristirahat, wisatawan gak perlu bingung atau takut terlantar di Banyumas. Hotel-hotel yang resik dan berkualitas dengan restoran yang representatif banyak tersedia untuk menanti para wisatawan.

Sekretaris PHRI Kabupaten Banyumas, Heru Permana, pun menjamin jumlah maupun kualitas hotel dan restoran di Banyumas. Apalagi jumlah hotel berbintang (14 buah) dalam waktu dekat akan bertambah lagi.

“Hal itu akan terus ditingkatkan sejalan dengan padatnya agenda wisata Banyumas yang menarik di sepanjang tahun 2017 ini. Seperti lomba perahu di Sungai Serayu, Grebeg Suro dan calung maupun wayang kulit Banyumasan. Aja kesuwen ngentenine… datang dan rasakan geliat Negeri 1001 Curug, Banyumas … aja kelalen,” tutup Heru.

(a yen/tju; foto muller

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*