Destinasi Wisata Garut yang Menarik dan Terkenal

Garut,-

Tempat wisata di Garut, belakangan ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Alam Garut yang sangat indah dan penduduknya yang ramah membuat pengunjung tempat wisata merasa puas berkunjung ke Garut.

Kabupaten Garut, ternyata juga memiliki beberapa makanan dan oleh-oleh yang sangat khas seperti dodol Garut, opak Bungbulang, Chocodot, burayot, kerupuk kulit atau dorokdok, dan masih banyak lagi. Selain makanan dan oleh-oleh khas, juga dapat menyempatkan waktu untuk berbelanja di Pengkolan, yaitu pusat belanja barang dan pakaian yang ada di Garut.

Nah, berikut ragam tempat wisata Garut yang bisa dinikmati.

Situ Bagendit

Situ Bagendit adalah sebuah danau yang di sekelilingnya terdapat persawahan dan rumah-rumah penduduk. Tempat wisata di Garut yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang menawan dan mempesona. Pengungjung dapat menemukan banyak kegiatan seperti manaiki rakit bambu, sepeda air, canoe, memancing dan jet ski. Fasilitas tempat wisata di Garut ini lumayan lengkap serta memiliki daya tarik tersendiri sehingga tidak heran kalau situ Bagendit menjadi tujuan wisata keluarga paling menarik dan terkenal di Garut.

 

Situ dan Candi Cangkuang

Situ Cangkuang terletak di Desa Cangkuang Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Di tempat ini terdapat sebuah candi peninggalan Hindu di Garut. Candi Cangkuang berdiri sejak zaman kerajaan Sunda pertama. Situ Cangkuang dan Candi Cangkuang merupakan tempat wisata di Garut paling menarik yang tetap terpelihara hingga saat ini. Nama Cangkuang berasal dari nama desa di kecamatan Leles, Garut, yaitu desa Cangkuang. Sedangkan nama desa Cangkuang sendiri berasal dari nama sebuah pohon bernama pohon Cangkuang yang tumbuh di sekitar makam Embah Dalem Arif Muhammad.

 

Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian air panas Cipanas merupakan tempat wisata di Garut paling populer. Air yang dihasilkan dari panas bumi menjadi ciri khas kolam-kolam pemandian di kawasan Cipanas Garut. Cipanas berlokasi tidak jauh dari alun-alun Tarogong, pemandian air panas Cipanas dapat ditempuh menggunakan angkot berwarna cokelat dari alun-alun Tarogong dalam beberapa menit saja dengan tarif Rp. 3.000,00.Di Cipanas terdapat banyak penginapan dan hotel berbintang yang biasa dijadikan tempat pertemuan, diklat atau pelatihan.Fasilitas pemandian air panas Cipanas sudah dilengkapi dengan permainan air modern seperti water boom dan sebagainya. Cipanas adalah tempat wisata di Garut yang sangat cocok dikunjungi oleh rombongan keluarga, perusahaan maupun anak sekolah. Kalau akhir pekan atau hari libur, objek wisata Cipanas Garut selalu dipadati oleh pengunjung yang sengaja datang dari luar kota. Cipanas berada tidak jauh dari gunung Guntur, yaitu tepatnya berada di kaki gunung Guntur.

 

Pemandian Air Panas Darajat

Tidak beda jauh dengan pemandian air panas Cipanas, kolam pemandian air panas Darajat juga menawarkan kolam pemandian air panas alami serta penginapan. Pemandian air panas Darajat berada di dataran tinggi, yaitu di wilayah kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Seperti diketahui bersama bahwa wilayah Samarang ini sering dijadikan tempat shuting FTV. Dulu ketika saya berkunjung ke Darajat, di sana terdapat wahana outbond flying fox dengan tarif Rp. 10.000,00. Pemandangan alam di kawasan Darajat yang sangat indah telah menjadikannya sebagai tujuan wisata keluarga yang tidak kalah menarik dari tempat wisata di Garut lainnya.

 

Pantai Santolo

Pantai Santolo atau pantai Cilauteureun berada di Kecamatan Cikelet Pameungpeuk Kabupaten Garut wilayah Selatan. Pantai Santolo merupakan tempat wisata pantai paling menarik dan populer di Garut.Di pantai Santolo pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan, terlebih di waktu matahari terbenam. Di tempat ini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI), pengunjung dapat membeli ikan segar lalu dibakar di situ atau membeli ikan bakar yang sudah siap saji.

Berada tidak jauh dari pantai Cilauteureun terdapat pulau kecil yang disebut pulau Santolo. Pulau Santolo dapat dijangkau menggunakan perahu tongkang dengan menyeberangi muara sungai sekitar 10 meter. Di kawasan pantai Santolo juga terdapat banyak rumah makan yang menawarkan ikan bakar dan makanan laut (seafood) siap saji. Berlokasi tidak jauh dari pantai terdapat penginapan dengan tarif lumayan murah, yaitu sekitar Rp. 200.000,00 serta terdapat tempat peluncuran roket milik LAPAN. (ist/mdtj/foto: ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*