Festival Keraton Nusantara 2016

Pangkalan Bun,-

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat mempersiapkan diri menjadi tuan rumah perhelatan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-10 pada tahun 2016. Panitia Pelaksana Festival Keraton Nusantara X ini juga telah melakukan koordinasi, hasilnya FKN X digelar pada Oktober 2016 mendatang atau bersamaan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Kotawaringin Barat yang jatuh pada 3 Oktober.

Pada hari jadi Kabupaten Kotawaringin Barat tersebut akan memiliki banyak rangkaian kegiatan yang menjadi perhatian dunia. Yakni dengan agenda tahunan datangnya ratusan wisatawan mancanegara yang menggunakan perahu yacht di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Seperti dikatakan Menteri Luar Kesultanan Kutaringin Pangkalan Bun, Pangeran Muasdjidinsjah, bahwa Istana Inderasari Keraton Lawang Kuning Bukit Indera Kencana atau yang dikenal dengan Istana Kuning telah menjadi keanggotaan penuh dari Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) di Pura Mangkunegaran Solo dengan Sekretaris Jenderal, Gusti Mung.

Dan Kesultanan Kutaringin Pangkalan Bun telah mengikuti Festival Keraton Nusantara ini sejak tahun 2006 atau pada pelaksanaan Festival Keraton Nusantara V.

“Festival Keraton Nusantra diadakan setiap dua tahun sekali ini merupakan agenda rutin yang dilakukan guna mempererat tali persaudaraan, terutama bagi keluarga besar kerajaan. Selain itu FKN sebagai wadah berkumpulnya raja-raja dari seluruh dunia untuk saling bertukar informasi satu sama lain,” jelas Pangeran Muasdjidinsjah yang merupakan saudara kembar dari Pangeran Arsjadinsjah yang juga Menteri Dalam dari Kesultanan Kutaringin Pangkalan Bun.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan panitia pelaksana, peserta yang hadir diperkirakan bisa mencapai 2.500 orang dari seluruh Keraton Nusantara yang terdaftar di FKIKN seluruhnya berjumlah 155 keraton. Namun biasanya setiap Festival Keraton Nusantara hanya dihadiri 60 kerajaan saja, dan nantinya juga akan dihadiri oleh Keraton dari Kerajaan Negeri Sembilan, Selangor, Brunai Darussalam, dan Kerajaan Belanda.

Dengan Festival Keraton Nusantara ini, banyak sekali sisi positif yang didapat oleh Kabupaten Kotawaringin Barat, di antaranya akan mengenalkan daerah ini ke seluruh negeri, yang berimbas pada kunjungan pariwisata mancanegara.

Bupati Kotawaringin Barat, Ujang Iskandar selaku Ketua Pelaksana dari kegiatan ini menyampaikan melalui Kakil Ketua Pelaksana FKN mengimbau kepada seluruh panitia agar selalu berkomunikasi sesama seksi-seksi guna suksesnya ajang pertemuan para raja tersebut mengingat tamu yang hadir merupakan raja-raja dari seluruh dunia dan menjadi sejarah penting bagi warga Kotawaringin Barat. (*ist/dendie; foto: ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*