Koalisi Online Pesona Indonesia (KOPI)

Sinergitas Jurnalis Online dan Blogger Pariwisata

Jakarta,-

Sinergitas Jurnalis Online dan Blogger untuk Pariwisata Indonesia terbentuk dalam wadah Koalisi Online Pesona Indonesia (KOPI), demikian hal tersebut tertuang dalam sebuah deklarasi bersama dalam Workshop Forum Sinergi Pesona Indonesia yang berlangsung di Hotel Oria, Jakarta, dimana deklarasi tersebut dihadiri pula oleh Ketua ASITA, H. Asnawi Bahar, SE.M.Si , Dr.H.M. Iqbal Alamsjah, MA selaku Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik, Kementerian Pariwisata, dan Presiden Director/CEO El John Indonesia, Johnnie Sugiarto. Selain pemenang Putri Pariwisata 2014, Vivien Anjadi Suwito (Miss Shouth East Asia), Wandha Dwi Utari (Miss Marine Tourism Indonesia), serta Febrianingsih Archim Tumonglo (Miss Medical Tourism).

Jurnalis dan Blooger di bawah naungan AJOIN (Aliansi Jurnalis Online Indonesia) dan Kabarindo menyepakati bahwa, pertama; Peduli merah putih dengan turut serta berperan aktif menginformasikan dunia pariwisata, perfilman, budaya, musik, fashion, dan kuliner Indonesia yang berbasis good news. Kedua; Mengedepankan informasi positif mengenai pesona Indonesia untuk dunia. Ketiga; Berupaya menjadi saksi pertama kreatifitas anak negeri dan sekaligus mengapresiasikannya dalam bentuk tulisan untuk bangsa dan dunia.

  1. Asnawi Bahar, SE.M.Si , selaku Ketua ASITA menegaskan bahwa agar di setiap kedutaan besar Indonesia di luar negeri memiliki atase pariwisata, sehingga terjadi sinergi antara pemerintah dengan ASITA. Selain tentunya membuat event ASITA Travel Fair di setiap propinsi seperti Malaysia, maupun Singapura.

Sementara Dr.H.M. Iqbal Alamsjah, MA, selaku Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik, Kementrian Pariwisata mengharapkan slogan Pesona Indonesia “Wonderfull Indonesia” mampu memperkenalkan pariwisata Indonesia sesungguhnya di mata dunia. Sehingga berpeluang pada semakin lamanya para wisatawan untuk tinggal di Indonesia. Dan disinilah peran penting blooger dan jurnalis online untuk mencari dan menceritakan pariwisata yang baru atau event-event pariwisata yang mampu menarik para wisatawan di masing-masing media online-nya.

Dalam Workshop Forum Sinergi Pesona Indonesia, turut berbagi pengalaman Presiden Director/CEO El John Indonesia, Johnnie Sugiarto, selaku pihak swasta dari stakeholder pariwisata Indonesia yang secara kontinyu menggelar pemilihan Putri Pariwisata dengan semangat ‘Bringing Indonesia Culture to the World’.

(yayo ; foto muller

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*