NEW9WONDERFUL of Indonesia 'IKON' Taman Wisata Dunia

Jakarta, –

Tim Seleksi The New9Wonderful, akhirnya mengeluarkan resmi daftar calon peserta, “New9Wonderful of Indonesia” yang berkompetisi untuk merebut predikat sebagai “IKON” dari Kawasan Taman Wisata Dunia oleh masyarakat global. Demikian dijelaskan Ketua tim seleksi The New9Wonderful of Indonesia, Akhyarudin Yusuf.

Dikatakannya bahwa Ke-45 calon peserta event tersebut merupakan perwakilan dari seluruh wisata alam unggulan di 34 Propinsi yang layak bersaing untuk merebut predikat sebagai  9 “IKON” dari Kawasan Taman Wisata Dunia dan daftar calon peserta  telah diserahkan ke World Tourism Park Foundation.

Sementara Founding & CEO WTP Foundation, Daniel ILI mengatakan bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang layak mendapatkan predikat sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia karena hanya Indonesia lah yang memiliki keanekaragaman potensi wisata di dalam satu kawasan yang tidak dimiliki oleh negara manapun di dunia seperti wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, wisata buah, maupun wisata MICE.

Sekaligus menaruh apresiasi kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang sangat mendukung adanya gerakan kampanye New9Wonderful ini, lanjutnya.

Tentunya sebagai tindak-lanjutnya menyiapkan sebuah system yang akan menggerakan seluruh potensi tersebut khususnya wisata alam unggulan melalui event voting dan juga melalui penguatan kemasan dan bahkan menyiapkan positioning yang tepat agar masyarakat dunia mengetahui kelebihan Indonesia sebagai negara maritim.

Perlu diketahui bahwa WTP Foundation merupakan lembaga nirlaba yang fokus untuk membranding seluruh potensi wisata yang berada di dalam kawasan taman wisata dunia ke dalam satu system yang dimiliki oleh pihak yayasan agar seluruh masyarakat di dunia dapat mengetahui dan mengunjungi kawasan tersebut.

Dan dipilihnya  Indonesia sebagai tempat yang paling pantas dan layak oleh pihak yayasan untuk mendapatkan status tersebut merupakan kebanggaan bagi pemerintah Indonesia khususnya masyarakatnya karena, dengan status sebagai “Kawasan Taman Wisata Dunia” tentu akan mempermudah pemerintah Indonesia untuk memasarkan seluruh potensi wisatanya ke seluruh dunia.

Seperti yang di sampaikan Daniel ILI bahwa,”Indonesia sangat layak memperoleh predikat tersebut, oleh karena itu kami akan menyiapkan systemnya untuk mempermudah Pemerintah Indonesia terutama dalam membantu pencapaian target kunjungan 20jt wisatawan asing di 2019″.

Sebagai Langkah  strategisnya yakni mendeklarasikan Nama, Logo, Slogan dari kawasan taman wisata dunia tersebut sebagai langkah strategis yayasan untuk menanamkan di benaknya masyarakat dunia tentang taman wisata dunia lalu, sekaligus menyiapkan event New9Worderful dimana para peserta event yang telah di ajukan oleh tim seleksi nanti akan kita ferivikasi dan kita drawing untuk segera mendapatkan nomor urut peserta sebelum event di buka pada akhir tahun 2016 nanti.

Setelah selesai proses drawing inilah kita akan masukan para peserta tersebut kedalam system website voting yang berbasiskan media jejaringan sosial milik yayasan agar dapat di voting oleh seluruh masyarakat dunia. Untuk proses penggalangan suara/voting oleh masyarakat dunia, tentunya hanya bisa dilakukan melalui system website voting dari pihak penyelenggara yang rencananya akan resmi diperkenalkan secara terbuka di hadapan publik pada, Tangal 27 September 2016 mendatang bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia.

Ke – 45 calon peserta event tersebut, nantinya akan di resmikan sebagai Peserta Event:”New9Wonderful of Indonesia” melalui Agenda DRAWING NEW9WONDERFUL, Yaitu: Proses pengundian Nomor Urut Peserta dari No. 1 – 45 dimana, para peserta event tersebut nantinya akan di bagi ke dalam, 5 Group: A, B, C, D, E dan akan resmi di kukuhkan melalui Deklarasi Indonesia Sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia.

Guna menggalang dukungan masyarakat di dunia agar Indonesia di akui sebagai KAWASAN “Taman Wisata Dunia” yang terletak di Wilayah Asia maka, pihak penyelenggara akan menjadikan ke – 45 peserta event tersebut sebagai “motor” sekaligus PILAR dari kawasan tersebut dengan Poros Maritim Dunia yang merupakan gagasan dari Presiden Indonesia, Ir. H. Joko Widodo sebagai PENGGERAK dari pilar tersebut.

Nama, Logo dan Slogan dari kawasan tersebut rencananya akan resmi di perkenalkan ke publik pada Sabtu Tanggal, 27 FEbruari 2016, dalam, Agenda: “DEKLARASI TAMAN WISATA DUNIA” sekaligus penetapan para peserta event.

Para pihak terkait, diharapkan untuk mensosialisasikan masing-masing pesertanya ke seluruh masyarakat (baik dalam maupun luar negeri) sebelum system website voting pihak penyelenggarah secara resmi diluncurkan bersamaan dengan agenda pembukaan event.

Masyarakat nantinya akan mendapatkan Info lengkap dari gerakan kampanye ini melalui website event pihak penyelenggara yang akan di luncurkan setelah proses drawing peserta telah dilaksanakan.

Berikut ke-45 calon peserta event New9Wonderful yang telah dibagi menjadi 6 Kategori secara resmi:

KATEGORI KEPULAUAN :
1. Kepulauan Anambas, Propinsi Kepulauan Riau
2. Kepulauan Mandeh, Propinsi Sumatera Barat
3. Kepulauan Derawan, Propinsi Kalimantan Timur
4. Kepulauan Seribu, Propinsi DKI Jakarta
5. Kepulauan Karimun Jawa, Propinsi Jawa Tengah
6. Kepulauan Gili Terawang, Propinsi Nusa Tenggara Barat
7. Kepulauan Togian, Propinsi Sulawesi Tengah
8. Kepulauan Wakatobi, Propinsi Sulawesi Tenggara
9. Kepulauan Raja Ampat, Propinsi Papua Barat
10. Kepulauan Takabonerate, Propinsi Sulawesi Selatan

KATEGORI PULAU :
1. Pulau Bunaken, Propinsi Sulawesi Utara
2. Pulau Weh, Propinsi Nanggroe Aceh Darusalam
3. Pulau Morotai, Propinsi Maluku Utara
4. Pulau Enggano, Propinsi Bengkulu
5. Pulau Belitong, Propinsi Bangka Belitung
6. Pulau Seram, Propinsi Maluku
7. Pulau Nias, Propinsi Sumatera Utara
8. Pulau Komodo, Propinsi Nusa Tenggara Timur
9. Pulau Moyo, Propinsi Nusa Tenggara Barat

KATEGORI GUNUNG :
1. Gunung Batur Kintamani, Propinsi Bali
2. Gunung Krakatau, Propinsi Lampung
3. Gunung Gede Pangrango, Propinsi Jawa Barât
4. Gunung Kartenz Pyramid, Propinsi Papua
5. Gunung Merapi, Propinsi DI Djogjakarta
6. Gunung Bromo Tengger Semeru, Propinsi Jawa Timur.
7. Gunung Rinjani, Propinsi Nusa Tenggara Barat.
8. Gunung Kerinci, Propinsi Jambi

KATEGORI DANAU :
1. Danau Zambrud, Propinsi Riau
2. Danau Singkarak, Propinsi Sumatera Barat
3. Danau Gunung Tujuh, Propinsi Jambi
4. Danau Sentarum, Propinsi Kalimantan Barat
5. Danau Toba, Propinsi Sumatera Utara
6. Danau Sentani, Propinsi Papua
7. Danau Kelimutu, Propinsi Nusa Tenggara Timur

KATEGORI ALAM :
1. Ujung Kulon, Propinsi Banten
2. Betung Kerihun, Propinsi Kalimantan Barat
3. Tanjung Puting, Propinsi Kalimantan Tengah
4. Bantimurung, Propinsi Sulawesi Selatan
5. Way Kambas, Propinsi Lampung
6. Kayan Mentarang, Propinsi Kalimantan Utara.

KATEGORI UMUM :
1. Sungai Musi, Propinsi Sumatera Selatan
2. Pantai Olele, Propinsi Gorontalo
3. Teluk Cendrawasih, Propinsi Papua Barat
4. Sungai Barito, Propinsi Kalimantan Selatan
5. Teluk Mamuju, Propinsi Sulawesi Barat.

(ist/mdtj ; foto muller, ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

One thought on “NEW9WONDERFUL of Indonesia 'IKON' Taman Wisata Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*