Sail Tomini 2015 Momentum Pembangunan Ekonomi Berbasis Kelautan Berkelanjutan

Jakarta,-

Sail Tomini dan Festival Boalemo merupakan event bahari Internasional untuk mempromosikan potensi kelautan khususnya di kawasan Teluk Tomini dan menjadi model percepatan pembangunan di daerah tertinggal dan pulau-pulau kecil di Indonesia, demikian ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan , Puan Maharani.

Sementara, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti selaku Ketua Panitia Pelaksana Tingkat Pusat Sail Tomini 2015 mengemukakan bahwa event internasional ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan bidang kelautan di Indonesia. Lantaran, selalu memformulasikan kegiatan pembangunan yang berbasis kemaritiman dengan aktifitas pelayarannya.

Sail Tomini, lanjut Susi, tidak hanya membangun bidang kelautan Sulawesi Tengah tetapi juga daerah di sekitar Teluk Tomini seperti Gorontalo dan Sulawesi Utara. Sekaligus memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil, dimana menginspirasi pemerintah dan masyarakat lainnya untuk meningkatkan perekonomian daerahnya melalui bidang kelautan secara berkelanjutan.

Oleh karenanya, Menteri Susi mengajak stakeholders untuk memfokuskan pembangunan ekonomi berbasis kelautan dan memanfaatkan fungsi laut secara bijaksana sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi. Selain pentingnya memperkokoh 3 pilar dalam pengelolaan sumberdaya kelautan yaitu kedaulatan wilayah yang mampu menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya kelautan , pengelolaan sumberdaya kelautan yang berkelanjutan dan kesejahteraan rakyat.

Sail Tomini dan Festival Boalemo diharapkan menjadi momentum menghadapi era pasar bebas masyarakat ASEAN 2015, karena percepatan pembangunan kelautan Indonesia diarahkan kepada sektor perikanan, wisata bahari, perhubungan laut , energi sumberdaya mineral non migas, industri kelautan dan jasa keuangan. Sehingga bidang kelautan republik ini harus dikelola dengan baik karena dipastikan menyumbang devisa negara dalam jumlah yang tidak sedikit, tegas Menteri Susi mengakhiri. (mdtj/ foto muller)

[WRG id=193]

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*