Sepasang Giant Panda Tiongkok untuk Indonesia

ThreeVenue, Jakarta,-

Untuk pertama kalinya Indonesia memperoleh koleksi sepasang Giant Panda dari Tiongkok. Indonesia merupakan negara ke-16 yang mendapatkan peminjaman Giant Panda untuk tujuan pengembangbiakan (breeding loan).

Hal ini merupakan tindaklanjut Nota Kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah RRT,serta Nota Kerjasama business to business antara PT Taman Safari Indonesia (TSI),dengan China Wildlife Conservation Association (CWCA),pada tanggal 1 Agustus 2016 di Guiyang,Tiongkok.

Rasa ucapkan terima kasih dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk melakukan upaya konservasi Giant Panda di Indonesia. Semoga sepasang Giant Panda tersebut dapat segera beradaptasi dengan rumah barunya di Taman Safari Indonesia di Cisarua dan masyarakat Indonesia bisa menikmati keberadaan Giant Panda. Di harapkan Kerjasama konservasi Giant Panda ini dapat menjadi salah satu simbol perekat hubungan diplomatik antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Tiongkok.

Dengan kehadiran Giant Panda di Indonesia akan menambah koleksi hidupan liar dunia di lembaga konservasi Indonesia dan akan menambah pengetahuan dalam praktek pengelolaan konservasi eksitu spesies Giant Panda. Kami akan berupaya meniru keberhasilan konservasi Giant Panda yang gigih di Tiongkok.

Untuk menyambut kedatangan Giant Panda tersebut, PT Taman Safari Indonesia di Cisarua telah membangun sarana prasarana berupa Rumah Panda Indonesia dengan luas kurang lebih 1.300 m2 sejak 2014. Rumah Panda Indonesia tersebut sekaligus sebagai tempat pakan Giant Panda berupa kebun berisi 20 jenis bambu seluas 10 hektar. Secara teknis fasilitasi ini,telah memenuhi syarat habitat Giant Panda.

Kepada pihak TSI agar melaporkan secara berkala kepada kami perkembangan kehidupan Giant Panda di habitat barunya. Beberapa upaya konservasi Giant Panda ini antara lain yaitu, pengembangbiakan di luar habitat alamiah (eks-situ conservation). Dan dalam kesempatan ini,kami mengajak semua pihak untuk turut menyadarinya pentingnya upaya perlindungan tumbuhan dan satwa liar,dan mari bersama-sama dukung upaya koservasi tumbuhan dan satwa liar serta penegakan hukum terhadap kejahatan satwa liar.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok, China Wildlife Conservation Association (CWCA),dan PT.Taman Safari Indonesia,serta semua pihak yang selama ini telah banyak mendukung upaya konservasi tumbuhan dan satwa liar.

(git/tjoek; foto ist

Bagikan tulisan ini melalui...

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*